Friday, June 8, 2012

Learning from the past, Implementing in the present, and Getting the best impact for the future...

Masa lalu..
Setiap orang pasti punya masa lalu. Mau masa lalu yang baik atau buruk, semua telah terjadi dalam masa lalu kita.
Katakan masa lalu kita adalah masa lalu yang baik, PERTAHANKANLAH!
Atau mungkin yang bisa lebih baik lagi, KEMBANGKANLAH!
Tetapi, jika masa lalu kita adalah masa lalu yang buruk, janganlah kita pernah mencoba untuk melupakan bahkan menghilangkan masa lalu tersebut dari dalam hidup kita.
Kenapa? Karena, kita nggak akan bisa untuk menghindar dari masa lalu. Kita dapat menjalani hidup kita saat ini adalah akibat dari masa lalu yang telah terjadi.
Tetapi, ingat satu hal, tidak melupakan dan tidak menghilangkan masa lalu bukan berarti kita harus terus mengingat atau terus hidup dalam bayang-bayang masa lalu. MOVE ON!
Seperti kata temanku (FA), "Kalau kita mau move-on itu harus ke atas, bukan sejajar."
Memang benar. Kita harus terus menjalani hidup kita untuk mendapatkan masa depan yang lebih cerah daripada masa lalu. Masa lalu dijadikan pembelajaran untuk menjalani hidup saat ini.
Kalau kata Mbak Merry Riana yang tertera dalam Twitternya @MerryRiana : "Jangan selalu berdiri di ranah masa lalu. Jangan selalu menoleh ke belakang. #FB"
Menurutku, boleh sesekali kita menoleh ke belakang, tetapi, hanya untuk sesekali. Tidak untuk berkali-kali ataupun diam di tempat. Dan aku rasa sikap itu bisa dijadikan sarana untuk kita intropeksi diri sendiri. Apa yang harus dipertahankan dan dikembangkan untuk masa depan dan apa yang harus ditinggalkan dan tidak pantas dibawa untuk masa depan.

Intinya, kita hidup hari ini dengan pembelajaran dari masa lalu dan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

No comments:

Post a Comment